Friday

Ulama Mesir haramkan Facebook


- Facebook yang pengasasnya Mark Zuckerberg, seorang pemuda Yahudi yang juga merupakan anggota kelab Yahudi "Alpha Epsilon Pi", telah menjadi billionair termuda hasil facebooknya iaitu sebuah jaringan sosial diInternet telah diharamkan oleh ulama Mesir setelah kajian yang mendapati ia membawa lebih kemudaratan dari kebaikan kepada umat Islam terutama untuk remaja. Laporan selanjutnya dari eramuslim.com:

Mantan Ketua komite fatwa Al-Azhar, Syaikh Abdul Hamid Al-Atrash, telah mengeluarkan pernyataan yang mengharamkan situs jejaring sosial terkenal Facebook, setelah meningkatnya angka perceraian dan semakin tersebarnya perzinahan yang merupakan efek dari situs tersebut.

Syaikh Al-Atrash menekankan bahwa masuk dan bergabung dalam situs jejaring sosial Facebook sangat berbahaya untuk masyarakat umum, khususnya warga Arab dan negara-negara Islam yang memiliki tingkat spesifitas tinggi.

Mantan ketua komite fatwa tersebut juga mengatakan bahwa Facebook telah menjadi sebagai instrumen penghancuran, dan merusak pasangan keluarga, karena masing-masing pasangan baik suami maupun istri akan mencari kegiatan lain di Facebook jika memiliki waktu senggang, dan sering serta banyak kasus banyaknya terjadi perselingkuhan yang berawal dari Facebook.

Sebuah tim dari pusat nasional untuk penelitian sosial dan pidana Mesir, telah melakukan suatu studi yang berlangsung selama beberapa minggu, hasil laporan studi mereka sungguh mengejutkan, bahwa setiap lima kasus penceraian yang terjadi, khususnya di Mesir, disebabkan oleh perselingkuhan yang terjadi karena pasangan suami ataupun istri menemukan "idaman lain" yang mereka temukan di situs Facebook.

Studi juga menunjukkan bahwa situs jejaring sosial facebook, sangat mudah membuat pasangan suami istri saling berkhianat, manakala suami-istri tersebut merasa bosan dan jenuh dengan kehidupan monoton dari perkawinan mereka, dan disaat itulah kebanyak pasangan yang aktif di situs jejaring sosial Facebook dapat dengan mudah menemukan "orang lain" yang menjadi selingkuhan mereka tanpa payung legitimasi pernikahan yang sah.

Hasil studi mengakui bahwa banyak pengguna Facebook dapat berhasil menemukan orang yang dulu mereka kasihi dan hubungan mereka telah lama putus akhirnya menjadi "CLBK" Cinta Lama Bersemi Kembali, mungkin tidak masalah dengan orang yang belum menikah akan tetapi kebanyakan yang terjadi adalah hubungan "gelap" model CLBK ini dialami oleh pasangan yang telah menikah, sehingga kejadian seperti ini merupakan ancaman yang nyata bagi pernikahan pasangan muslim.

Studi juga menyarankan agar pasangan suami-istri tidak bergabung dan aktif di situs jejaring sosial Facebook.

Syaikh Al-Atrash mengutip temuan hasil studi tersebut yang menunjukkan tingginya tingkat perceraian karena perselingkuhaan dan hubungan zina diluar nikah lewat internet, akhirnya mengeluarkan fatwa bahwa HARAM untuk aktif dalam situs jejaring sosial Facebook, karena facebook telah menjadi ajang penyebaran kerusakan moral dikalangan anak muda serta Facebook juga menjadi alat penghancur keutuhan rumah tangga yang pada akhirnya akan mengancam keruntuhan total masyarakat Arab dan Islam.

Syaikh Al-Atrash mengakui bahwa Facebook, dan sarana komunikasi lainnya, apakah itu TV Satelit, internet dan sebagainya, ibarat pedang bermata dua yang bisa digunakan untuk berdakwah, menyampaikan pesan persahabatan dan perdamaian atas dasar Islam atau bisa dijadikan alat untuk bermaksiat seperti melakukan perselingkuhan atau kerusakan moral lainnya.

Syaikh Ahmad Husam, imam masjid Abu Bakr di distrik Faisal Giza, juga menyepakati fatwa Haram dari Syaikh Al-Atrash, karena faktanya banyak anak muda maupun pasangan suami istri telah menyalah gunakan situs tersebut untuk melakukan hubungan "terlarang" dan ia juga mencatat bahwa Al-Quran telah memberikan peringatan yang jelas, yaitu pendengaran, penglihatan dan hati semuanya akan di mintai pertanggung jawaban oleh Allah SWT.

- Alpha Epsilon Pi adalah suatu organisasi Yahudi untuk menyediakan bakat-bakat pemimpin Yahudi dikalangan remajanya. (Alpha Epsilon Pi’s role is to encourage the Jewish student to remain dedicated to Jewish ideals, values, and ethics and to prepare the student to be one of tomorrow’s leaders)

4 comments:

azharjaafar said...

salam tuan.. eh? sejak bila boleh komen.. tak perasan pulak..

Saya dah lama berpesbuk nih.. macam berblog jugak.. lebih kepada nak beniaga.. market pada kawan2 lama..

Doa untuk saya & keluarga..

zarzh said...

Waalaikumsalam Azhar, selamat datang, baru je 2-3 menjak ruang komen ni terbukak..

Pesbuk ni ada pest dan pest ni ada dua macam, satu pest iaitu hama (organisme yang dianggap merugikan dan tak diinginkan dalam kegiatan sehari-hari manusia) dan satu lagi PEST (Politik, Economic, Sosial, dan Technological analisa - "Political, Economic, Social, and Technological analysis"), jadi siapa yang analisa siapa dan untuk apa?

Apa-apa pun, yang penting tarqis dan lakukan sesuatu dengan tujuan kebaikan. Semoga kita sentiasa dilindungi...

akhi@zub said...

Pesbuk ni, membuka hijab antara laki~pompuan, walau ada yang buat privacy profile, tapi cuba klik fbviewer.com dan lihat cara buka privacy pesbuk, semua info boleh terselak. Gambarka, apaka yang nak diprivacykan, semua boleh dilihat...
Apala dunia.....

Hideossle said...

pada yang merasakan menghijabkan, menyorokkan gambar tu hanya kerja wanita, fikirkanlah. gambar lelaki pun bila melekat kat facebook, perempuan boleh akses tanpa pengetahuannya bila-bila masa, kalau terpikat pada ketampanan, naudzubillah kaum adam yang mulanya takde pape, boleh terjebak masuk perangkap.

bukan semua lelaki mampu jadi seperti Nabi Yusuf yang kekuatan imannya dapat serta-merta menolak perangkap wanita. Nabi Yusuf pun sebelumnya tak duga akan diuji begitu...

semoga kita dilindungi sebaiknya...

open source - sumber terbuka

Mana-mana coretan yang dikira baik, dibenarkan mengambil (copy-paste) tanpa perlu bertanya tuan blog ini. Manakala mana-mana coretan yang terdapat kesilapan, mohon ribuan kemaafan dari tuan blog ini. - " Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya "

Coretan lalu

Bayan

Search in the Quran
Search:
Download | Free Code
www.SearchTruth.com
Search in the Hadith
Search:
in
Download | Free Code
www.SearchTruth.com

Waktu sholat

Prayer Times For 6 Million Cities Worldwide
Country:
English to Arabic to English Dictionary
Find word:
Exact Word / Starting Word Sub Word
A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
www.SearchTruth.com

Salam damai