Posisi kaki dalam sholat ketika sujud, duduk antara dua sujud dan duduk
tahiyat:
Dari
Abu Humaid As Sa’idi -radhiallahu anhu- dia berkata:
أَنَا كُنْتُ أَحْفَظَكُمْ لِصَلَاةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَأَيْتُهُ إِذَا كَبَّرَ جَعَلَ يَدَيْهِ حِذَاءَ مَنْكِبَيْهِ وَإِذَا رَكَعَ أَمْكَنَ يَدَيْهِ مِنْ رُكْبَتَيْهِ ثُمَّ هَصَرَ ظَهْرَهُ فَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ اسْتَوَى حَتَّى يَعُودَ كُلُّ فَقَارٍ مَكَانَهُ فَإِذَا سَجَدَ وَضَعَ يَدَيْهِ غَيْرَ مُفْتَرِشٍ وَلَا قَابِضِهِمَا وَاسْتَقْبَلَ بِأَطْرَافِ أَصَابِعِ رِجْلَيْهِ الْقِبْلَةَ فَإِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَتَيْنِ جَلَسَ عَلَى رِجْلِهِ الْيُسْرَى وَنَصَبَ الْيُمْنَى وَإِذَا جَلَسَ فِي الرَّكْعَةِ الْآخِرَةِ قَدَّمَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَنَصَبَ الْأُخْرَى وَقَعَدَ عَلَى مَقْعَدَتِهِ
“Aku
adalah orang yang paling hafal dengan shalatnya Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam: Aku melihat beliau ketika bertakbir,
beliau mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan pundaknya.
Jika beliau ruku’ maka beliau menggenggam erat kedua lututnya dan
meluruskan punggungnya. Jika i’tidal maka beliau berdiri
tegak hingga seluruh tulang punggungnya kembali pada tempatnya
semula. Jika sujud maka beliau meletakkan tangannya dengan tidak
menempelkan lengannya ke tanah dan tidak pula mendekatkannya ke
badannya, dan dalam posisi sujud itu beliau menghadapkan jari-jari
kakinya ke arah kiblat. Apabila duduk pada rakaat kedua, beliau duduk
di atas kakinya yang kiri dan menegakkan kakinya yang kanan. Dan jika
duduk pada rakaat terakhir, maka beliau mengedepankan (baca:
memasukkan kaki kirinya di bawah kaki kanannya) dan menegakkan kaki
kanannya dan beliau duduk pada tempat duduknya (lantai).”
(HR. Al-Bukhari no. 828 )
Dari Aisyah -radhiallahu’anha- dia berkata:
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَفْتِحُ الصَّلَاةَ بِالتَّكْبِيرِ وَالْقِرَاءَةَ بِ { الْحَمْد لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ } وَكَانَ إِذَا رَكَعَ لَمْ يُشْخِصْ رَأْسَهُ وَلَمْ يُصَوِّبْهُ وَلَكِنْ بَيْنَ ذَلِكَ وَكَانَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ الرُّكُوعِ لَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِيَ قَائِمًا وَكَانَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ السَّجْدَةِ لَمْ يَسْجُدْ حَتَّى يَسْتَوِيَ جَالِسًا وَكَانَ يَقُولُ فِي كُلِّ رَكْعَتَيْنِ التَّحِيَّةَ وَكَانَ يَفْرِشُ رِجْلَهُ الْيُسْرَى وَيَنْصِبُ رِجْلَهُ الْيُمْنَى وَكَانَ يَنْهَى عَنْ عُقْبَةِ الشَّيْطَانِ وَيَنْهَى أَنْ يَفْتَرِشَ الرَّجُلُ ذِرَاعَيْهِ افْتِرَاشَ السَّبُعِ وَكَانَ يَخْتِمُ الصَّلَاةَ بِالتَّسْلِيمِ
“Rasulullah
Shallallahu’alaihiwasallam selalu membuka shalatnya dengan takbir
dan bacaan, ‘Alhamdulillahirabbil alamin’ (al-fatihah). Dan
apabila beliau ruku maka beliau tidak terlalu menundukkan kepalanya
dan tidak pula terlalu mengangkatnya, akan tetapi beliau menundukkan
kepalanya di antara itu. Apabila beliau mengangkat kepalanya dari
ruku’, maka beliau tidak bersujud hingga beliau berdiri tegak. Dan
apabila beliau mengangkat kepalanya dari sujud maka beliau tidak
sujud kembali hingga duduk sempurna. Beliau membaca ‘tahiyyat’
pada setiap dua raka’at. Beliau menghamparkan kaki kirinya dan
menegakkkan kakinya yang kanan. Dan beliau melarang duduk seperti
duduknya setan, dan beliau melarang seseorang menghamparkan kedua
dzira’ sebagaimana binatang buas menghamparkannya (yakni dengan
merapatkan dzira’ ke lantai). Dan beliau menutup shalatnya dengan
salam.” (HR. Muslim
no. 498) - Dzira’ adalah siku sampai ujung jari tengah.
“Diriwayatkan
dari Aisyah, ia berkata; adalah Rasulullah saw. memulai shalatnya
dengan (mengucapkan) takbir dan (melanjutkan) dengan (bacaan)
Alhamdu lillahi rabbil’alamin. Apabila beliau ruku’, maka tidak
mengangkat kepalanya dan tidak pula merendahkannya, tetapi
eliau melakukannya dengan tengahtengah (lurus). Apabila beliau
mengangkat kepalanya dari ruku’ (bangkit), beliau tidak
(segera) sujud sampai berdiri tegak. Dan apabila beliau mengangkat
kepalanya dari sujud, maka beliau pun tidak (segera) sujud
(yang kedua) sampai beliau sempurna duduknya, dan pada setiap dua
rakaat beliau membaca “at-Tahiyat” dan (pada saat itu)
beliau duduk di atas kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya.
Beliau melarang (orang shalat) duduk di atas kedua tumitnya dan
melarang pula seseorang menghamparkan kedua hastanya hamparan
binatang buas, dan beliau mengakhiri shalatnya dengan membaca
salam.” (HR Muslim; kitab as- Shalat, bab Maa Yajma’u shifat
as-Shalat)
“Diriwayatkan
dari Abu Humaid as-Sa’idy ia berkata, adalah Nabi saw apabila
beliau duduk pada rakaat kedua dimana shalat berakhir, beliau
memajukan kaki kirinya dan duduk pada bagian kirinya dengan cara
tawarruk, lalu ia mengucapkan salam”. (HR an-Nasa’i, Kitab
as-Sahwi, Bab Sifat al-Julus fi ar-Rak’ati allati yaqdhi fiiha
as-Shalat)
Dengan memperhatikan Hadits-Hadits tentang tata cara sholat di atas, dapat disimpulkan bahawa duduk dalam pelaksanaan shalat ada dua macam, iaitu:
Pertama, duduk iftirasy, yaitu duduk dengan cara duduk di atas telapak kaki kiri dan telapak kaki kanan ditegakkan.
Dengan memperhatikan Hadits-Hadits tentang tata cara sholat di atas, dapat disimpulkan bahawa duduk dalam pelaksanaan shalat ada dua macam, iaitu:
Pertama, duduk iftirasy, yaitu duduk dengan cara duduk di atas telapak kaki kiri dan telapak kaki kanan ditegakkan.
Kedua, duduk tawarruk, yaitu duduk dengan cara memajukan kaki kiri di bawah kaki kanan dan menegakkan telapak kaki kanan.
Berdasarkan kemiripan matan dan kesamaan isi, dalil hadits-hadits tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3, iaitu:
1. Kelompok pertama (Hadits no.1). Dalil Hadits ini menunjukkan adanya duduk istirahat ketika akan berdiri dari rakaat ganjil (rakaat pertama dan tiga).
2. Kelompok kedua (Hadits no. 2 dan3). Dalil kedua Hadits tersebut menunjukkan bahawa Nabi saw pada setiap 2 rakaat membaca at-tahiyat (tasyahud) dan duduk dengan cara duduk iftirasy, dan Nabi melarang duduk di atas kedua tumitnya dan melarang pula kepada orang yang sholat menghamparkan kedua hastanya seperti binatang.
3. Kelompok ketiga (Hadits no.4-5). Dalil kedua Hadits tersebut menjelaskan apabila beliau duduk pada rakaat kedua beliau duduk di atas kaki kirinya dan menegakkan kaki kanannya (duduk iftirasy) dan apabila duduk pada rakaat terakhir, beliau memajukan kaki kiri (di bawah kaki kanan) dan menegakkan kaki kanannya (duduk tawarruk).
Secara lahiriyah (tekstual) Hadits no. 3 (Hadits riwayat Abu Dawud melalui Aisyah ra.) menunjukkan bahawa pada setiap dua rakaat membaca “at-Tahiyyat” atau “tasyahud” dan duduk dengan cara duduk iftirasy. Pemahaman ini tidak tepat kerana pada Hadits lain seperti pada Haditsno. 4, Hadits riwayat al-Bukhari melalui Abu Hamid as-Sa’idy menjelaskan bahawa beliau (Abu Hamid) mengetahui betul cara sholat Rasulullah, apabila duduk pada rakaat kedua beliau duduk dengan cara duduk iftirasy dan apabila duduk pada rakaat terakhir duduk dengan cara duduk tawarruk.
Dan pada Hadits no. 5 (Hadits riwayat an-Nasa’i dari Abu Hamid as- Sa’idy menjelaskan bahawa Nabi saw apabila duduk pada rakaat kedua yang merupakan rakaat terakhir duduk dengan cara duduk tawarruk. Menurut kami Hadits no. 3 (Hadits riwayat Abu Dawud melalui Aisyah ra) tidak difahami secara kemutlakannya, akan tetapi harus dihubungkan dengan pemahaman terhadap Hadits lainnya (seperti Hadits no. 4 dan 5) yang semakna.
Dengan demikian untuk memahami Hadits tersebut (Hadits no. 3, Hadits riwayat Abu Dawud melalui Aisyah ra) perlu dikaitkan dengan pemahaman terhadap Hadits lainnya, dan menurut kami pemahaman semacam ini lebih tepat.
Oleh kerana itu, pemahaman terhadap Hadits tersebut (Hadits no. 3, Hadits riwayat Abu Dawud melalui Aisyah ra.) adalah cara duduk pada raka’at kedua yang bukan merupakan rakaat terakhir dengan cara duduk “iftirasy”, sedang duduk pada rakaat kedua dan rakaat tersebut merupakan rakaat terakhir (yang diakhiri dengan mengucapkan salam), maka duduknya dengan cara duduk “tawarruk” (memasukkan kaki kiri di bawah kaki kanan, dan menegakkan jari-jari kaki kanan serta duduk di lantai). Pemahaman seperti ini dikuatkan dengan pemahaman dari beberapa Hadits yang menjelaskan bahawa cara duduk pada rakaat terakhir (baik jumlah rakaatnya 2, 3 atau 4) dengan cara duduk “tawarruk”.
Dengan mengkaji ulang pemahaman terhadap Hadits-Hadits
tersebut dapat disimpulkan bahawa yang dimaksud dengan kalimat
“raka‘at terakhir” iaitu duduk tahiyat terakhir dalam
shalat, baik shalat tersebut jumlah rakaatnya dua rakaat, tiga rakaat
atau empat rakaat, baik dalam shalat wajib mahupun shalat sunat
yang setelah selesai berdoa lalu ditutup dengan salam. Cara duduk
pada rakaat terakhir tersebut sama, iaitu dengan cara duduk
tawarruk.
Ketika
sujud, sebaiknya posisi telapak kaki yang satu menempel pada telapak
kaki lainnya, keduanya tidak dipisahkan, sebagaimana disebutkan dalam
hadits Aisyah Radhiallaahu anha ketika tangan beliau mengenai kedua
telapak kaki Nabi Shalallaahu alaihi wasalam yang tegak dan beliau
sedang sujud.( Diriwayatkan Muslim; no. 222 dalam kitab Ash-Sholah )
Tidak mungkin satu tangan mengenai kedua telapak kaki yang tegak melainkan kedua telapak kaki beliau bersatu atau berdekatan antara telapak kaki satu dengan lainnya, disamping itu terdapat hadits dalam kitab shahih Ibnu Huzaimah , bahwasanya beliau menempelkan telapak kaki yang satu pada telapak kaki lainnya ketika sujud.( Shahih Ibnu Huzaimah 1/328 (no. 654) dalam Kitab Ash-Sholah)
Tidak mungkin satu tangan mengenai kedua telapak kaki yang tegak melainkan kedua telapak kaki beliau bersatu atau berdekatan antara telapak kaki satu dengan lainnya, disamping itu terdapat hadits dalam kitab shahih Ibnu Huzaimah , bahwasanya beliau menempelkan telapak kaki yang satu pada telapak kaki lainnya ketika sujud.( Shahih Ibnu Huzaimah 1/328 (no. 654) dalam Kitab Ash-Sholah)
Kalangan
yang ulama menyatakan kelebihan cara menempelkan telapak kaki yang
satu pada telapak kaki lainnya ketika sujud terutamanya buat kaum
hawa adalah untuk menutup kemungkinan aurat yang terbuka ketika
sujud. Sekiranya seseorang memakai seluar, ianya mungkin tidak
menjadi masaalah tetapi buat mereka yang memakai kain sarung, kain
batik dan sesuatu yang sepertinya, risiko terdedahnya kawasan seperti
dari kaki sehingga kepala lutut adalah wajar sahaja terjadi.
Bagaimana
pun buat kaum lelaki, ianya tidaklah menjadi masaalah kerana aurat
buat kaum lelaki bermula dari kepala lutut. Lantaran
itu, sebahagian berpendapat : Sunnahnya adalah merenggangkan antara
keduanya. Hal ini adalah merupakan madzhab syafi’iyyah
dan hanabilah.
(Raudhoh Tholibin,
Nawawi Rahimahullah 1/259, Mukhtashar Ifadat
hlm. 93) manakala sebahagian mengatakan : sunnahnya adalah
merapatkan kedua kaki saat sujud hal ini adalah dari madzhab hanafiyyah.
(Hasyiyah Ibnu Abiddin
1/332)
No comments:
Post a Comment